Kamis, 04 Desember 2008

Informasi Penting Mengenai Autis

Apakah Autisme itu?

merupakan gangguan perkembangan pada anak yang gejalanya sudah tampak sebelum anak berusia 3 tahun. Ada tiga ciri utama dari gangguan autisme :

  1. Gangguan kualitatif dalam interaksi sosial timbal-balik (kontak mata terbatas, tidak dapat membentuk hubungan pertemanan, tidak menengok ketika dipanggil namanya, tidak bermain dengan seharusnya)
  2. Gangguan kualitatif dalam komunikasi. (perkembangan bicara terlambat atau tidak bicara sama sekali, tidak menggunakan "gesture" penggunaan bahasa yang berulang, kesulitan dalam memahami percakapan)
  3. Gangguan perilaku dan minat yang sempit. ( gerakan stereotipi dan berulang, terpaku pada kegiatan rutin, tidak menyukai perubahan, preokupasi pada bagian-bagian benda)

Apakah Penyebab Autisme?

penyebabautisme merupakan gabungan dari beberapa faktor yang genetik, biologis (seperti gangguan metabolisme tubuh) dan lingkungan (seperti : polusi, bahan kimia)

Apa saja jenis penanganannya?

  1. Penangana biomedis (pengaturan makanan dan pemberian suplemen)
  2. Pemberian obat-obatan
  3. Penanganan sensori
  4. Terapi individual, terapi okupasi, terapi wicara
  5. pendidikan khusus

_________________________________________________________________

sekilas info penting di atas diambil dari brosur sekolah khusus (pendidikan bagi anak autis) yang bernama MANDIGA (Mandiri dan Bahagia) 

beralamat : Jl.Mulawarman No.3 Kebayoran Baru Jakarta 12110

tim dokter dari Menox Health Care, telah beberapa kali (dan terus kontinyu setiap bulannya) untuk melakukan pemeriksaan kesehatan anak autis di sekolah tersebut. selain melakukan pemeriksaan, tim juga melakukan perencanaan kesehatan bagi anak-anak disekolah tersebut. beberapa kendala dalam masalah kesehatan umum anak penderita autis adalah ketiadaan komunikasi tentang kondisi tubuhnya, hal ini membuat orng tua, pengasuh ataupun guru disekolahnya sering kali mendapati anak sudah dalam kondisi yang sakit (sakit gigi, sakit perut, panas tinggi, kejang) karena gejala awalnya tidak diketahui secara cepat.

 

2 komentar:

indah mengatakan...

Kalau jaman dulu kayanya kasus autis itu masih jarang yah... tapi kenapa kalau sekarang lumayan banyak....sebenernya autis itu bisa karena dari faktor gen? indah punya tetangga yang autis, sekarang dia udah kelas 6 SD dan punya prestasi yang bisa dibilang tidak jelek2 amet, dia mengert kalau lagi diajak orang berbicara, tapi kelakuannya seperti bicara sendiri dan menjawab tidak terlalu jelas masih tetap nampak, sebenernya bisa sembuh/normal seperti orang lainnya gak?

dr.Eko mengatakan...

emang sih, kalo diliat dari tanda2nya, autis bisa dibagi menjadi autis dengan gejala ringan sampai berat.. ada yang lebih cenderung autis ke verbal, ada juga ke kemampuan psikososial, tergantung autis yang diderita seseorang.
ada juga lho yang udah sampe di dunia kerja, udah mau nikah.. semua tergantung dari berat ringannya autis.

sembuh total?? gak ada yang tau.
tapi autis bisa dilatih untuk minimal dia bisa hidup mandiri, seperti mandi sendiri, makan, dan lainnya..
jangan salah lho.. seorang dengan autis, perkembangan jiwa nya sama dengan manusia biasa.
kita masuk usia puber sekitar 12 tahun, begitu juga autis.
jadi perasaan mau tau tentang lawan jenis, masalah seksualitas masturbasi, onani juga akan dialami oleh penderita autis. tinggal kita yang ngerti mau mendampingi dan terus melatih kemandiriannya.
mandiri untuk bisa beribadah kepada Tuhannya, untuk bisa berhubungan dengan sesamanya, yang paling penting agar tidak membahayakan dirinya sendiri..