Senin, 24 November 2008

Tumor di Belakang Mata (Retrobulbar Tumor), mau bantu??



KETIKA TUHAN MENUNJUKKAN KEKUASAANNYA

(Akankah kita bersyukur atas pemberianNya?)

Rabu, 19 Nopember 2008, sekitar 14.00, tim dari radio mustang 88 FM dan Tim dokter dari Menox Health Care (saya salah satunya) yang tergabung dalam Boys n Girls Clinic tiba di Rumah kontrakan di seputaran cakung selatan tepatnya desa Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi... lokasinya sangatlah kontras, rumah kontrakan yang termasuk daerah pinggiran tersebut tepat berada dibelakang kawasan perumahan elit yang bernama Harapan Indah, seperti tidak "terjamah" oleh maju nya daerah disekitarnya..

 Cindy, anak berumur 6 tahun, yang memiliki tumor dibelakang bola mata kirinya sejak umur 2 tahun. "Mata kirinya sering mengeluarkan kotoran mata dan menonjol hampir "terlepas" dari ruang matanya bila penyakitnya sedang kambuh", demikian penuturan ibunya. ayahnya seseorang dengan profesi supir antar jemput anak sekolah tidak hadir dalam pertemuan kami dengan cindy hari itu.. Cindy sendiri mengeluhkan matanya yang selalu terasa gatal, namun penglihatan mata kirinya masih baik. untuk anak seumur cindy, memiliki mata seperti itu mengganggunya, dua pekan terakhir ini cindy tidak masuk sekolah gratis yang berada di dekat rumahnya karena keluhan mata kirinya tersebut..

Keluarga cindy telah berupaya untuk mengobati anaknya, sampai di puskesmas setempat, dokter menyarankan cindy untuk dilakukan pemeriksaan CT-Scan di RSCM... karena alasan biaya, sampai saat ini keluarga belum bisa melakukannya. Pengurusan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) pun ternyata tidak begitu mudah (ciri khas birokrasi Indonesia) walaupun menurut keterangan pihak kelurahan tidak dikenakan biaya...

Rencananya, bila tuhan mengijinkan, bila dana yang terkumpul cukup, bila kondisi cindy memungkinkan, operasi akan dilakukan.. berbekal hasil CT-scan yang dilakukan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara di Halim, pada Jumat 21 nopember, saat ini tim dokter mata sedang memikirkan apa langkah yang terbaik untuk cindy.. kita doa kan semoga, cindy mendapatkan yang terbaik untuk kesehatan matanya...

Sedikit gambaran tentang penyakit cindy.... menurut tim dokter mata, berdasarkan hasil pemeriksaan dan CT-Scan, cindy menderita tumor yang bernama limfangioma, tumor tersebut merupakan tumor kelenjar getah bening yang terdapat dibelakang bola mata kiri. tumor tersebut bersifat jinak, namun desakan tumor terhadap organ mata mengakibatkan mata menonjol (exophthalmus), saat ini tumor belum mengakibatkan gangguan pada proses penglihatan cindy, namun bila tidak segera ditangani, ada kemungkinan tumor bisa mengakibatkan kerusakan pada proses penglihatan dan dapat pula merusak organ terdekatnya yaitu otak...  bila hal ini terjadi, kualitas hidup cindy dapat menurun drastis..

bila Tuhan memberikan sedikit saja "kelebihan" pada kita, akankah kita meberikannya untuk cindy??? sudahkah kita selalu bersyukur atas nikmatNya yang diberikan untuk kita??? Perintah telah turun, akankah kita kerjakan perintahNya untuk membantu sesama manusia???

kunjungi www.mustangfm.com....

6 komentar:

widhi hernanto mengatakan...

Astagfirullah..tapi sampai saat ini sudah sejauh mana penanganan saudara kecil kita itu pak dokter?Insya Allah ane mau bantu boz, meskipun tidak terlalu besar tapi mudah2an bisa, dikirim kemana kalau boleh tahu??

memang masih banyak saudara2 kita yang membutuhkan uluran tangan kita untuk membantunya. dan masih sangat masih sedikit orang2 yang turun langsung ke lapangan untuk mempraktekkannya.

pak dokter beserta tim adalah salah satu bentuk kepedulian nyata yang terpraktekkan. ane akan terus mendukung program2 seperti ini, karena ane blum bisa seperti itu. doakan agar ane bisa...

terkadang kita terlena dg hidup ini, dg kenikmatan ini..tulisan ini mengingatkan kita agar senantiasa untuk berhenti sejenak dan melihat sekitar kita..kemudian bertafakur dan bersyukur atas segala yang telah kita raih dan semua apa yang tidak kita dapatkan, karena di balik semua itu terkandung hikmah yang telah disiapkan oleh Sang Khalik..

syukron...

dr.Eko mengatakan...

bro.. kalo NT mau bantu, NT klik aja mustangfm.com, di sana ada nomer rekeningnya.. dan sejauh ini tim dokter mata masih mencarikan solusi yang terbaik, cindy sendiri sama orang tuanya menunggu di rumah..
mudah2an aja, Allah Kasi yang terbaik untuknya..

trimakasih juga sudah mau mendukung ya akh..!

indah mengatakan...

Allhamdulilah wa syukurillah... kita dan keluarga masih diberikan kesehatan.. Dr Eko... mengingat indah males kalau mesti buka2 website yg lain, bisa gak dikasih tau aja no. rek dan nama banknya, biar indah lebih mudah aja...(gak mau ribet):, kenapa yah untuk kasus2 kaya gini, yang banyak terjadi sama oang2 yang hidupnya bisa dibilang kurang mampu..? apa karena Allah, mengingatkan sama orang2 yang berkecukupan/ orang yang kaya2 untuk selalu membantu dan ingat kalau masih banyak orang yang susah?

dr.Eko mengatakan...

BCA Cabang Fatmawati
No.Rek 071.301.0488
a/n MUSTANG PEDULI

nah itu dia rekeningnya...

mbak indah, emang cobaan tiap orang berbeda, sungguh kalaupun ada pasti orang tersebut dapat menanggungnya..Allah Maha Adil.
dan memang benar, beban dan derita cindy menjadi tanggungan kita juga yang dibeikan sedikit atau bahkan banyak "kelebihan"..

kania mengatakan...

Anak saya usia 6 tahun menderita penyakit yang sama dan kondisi yang sama mengidap limfangioma di belakang bola mata kirinya. anak saya sudah ct scan 3x dan biopsi 2x, pernah terapi pengobatan stroid dr doktrnya. Sempat membaik meskipun tsk 100%. Namun setelah 1 tahun membesar lagi.Adakah penanganan/alternatif lain dalam pengobatannya selain operasi?

heny mengatakan...

KO TIDAK ADA KOMENN UNTUK KASUS DI ATAS?
JIKA FUNGSI MATA MASIH BAGUS PASTI TIDAK AKAN SERTA MERTA LANGSUNG DOKTER MENGOPERASINYA. TIDAK ADAKAH TINDAKAN LAIN TERHADAP SINDI ATAUPUN SEPERTI KASUS ANAK 6 TAHUN DI ATAS SEPERTI DENGAN DSA? UNTUK MENDIAGNOSA PENYEBABNYA APA? TANPA HARUS MENGOPERASINYA LANGSUNG? APALAGI FUNGSI MATANYA TADI DIKATAKAN MASIH BAGUS.
SEKARANG SUDAH ADA BPJS, PELAYANAN BPJS DI RS CICENDO SUDAH SANGAT LUAR BIASA BAGUS. BISA KE BAGIAN ROO DULU UNTUK MENENTUKAN TERAPINYA?