Senin, 27 Oktober 2008

Pernikahan dini dengan Syekh


Terlepas dari apa tujuan dan pertimbangan seorang pria (dah hampir lansia pula, dan udah punya istri juga) untuk menikahi seorang wanita (anak umur 12 tahun), di sini saya cuma mau berbagi aja, andai ada di antara anda yang akan mengalami kejadian yang mirip-mirip.. Boleh dikatakan pernikahan tersebut bagi anak usia 12-an tahun adalah "pernikahan dini".  Siapkah organ reproduksinya? apa aja yang bisa terjadi di masa datang terhadap perkembangan organ reproduksinya? belum lagi, ikhlas kah dia? siapkah mentalnya? aaahhh.. kalo soal ikhlas apa nggak, kita serahkan saja sama yang menjalaninya..

bagaimana bila ditinjau dari sisi medis? pernikahan usia muda bisa saja mencetuskan terjadinya kanker leher rahim (kanker serviks), mempercepat timbulnya kista rahim, kista ovarium (indung telur).. dari contoh kasus yang pernah ditangani, saya pernah mendapatkan data di RS tempat saya bekerja, ada pasien usia 14 tahun telah melahirkan seorang anak tanpa ayah, bayangkan, berarti dia "bekerja membuat anak "1 tahun sebelumnya, saat usia 13 tahun. saat ini pasien 13 th tersebut telah berusia 28 tahun dengan mengidap kanker serviks.

kenapa bisa timbul kanker serviks? pasti begitu kan pertanyaan nya? singkatnya sih, ada kerusakan yang ditimbulkan pada leher rahim yang bisa saja disebabkan pada saat dia berhubungan badan dengan lawan jenisnya, kerusakan itu "ditunggangi" oleh virus, zat lainnya yang mencetuskan terjadinya kanker. hal ini bisa juga terjadi pada wanita dewasa, apalagi pada anak usia 12-an tahun yang notabene perkembangan alat reproduksinya belum "matang" benar.

saat ini, pola penyakit sudah mengikuti tren hidup manusia. dulu era komputerisasi baru tersentuh pada usia dewasa, dulu penyakit kanker biasanya terjangkit pada usia lanjut, sekarang tren nya sudah berubah, anak kecil dengan leluasa mengakses internet, penyakit pun dengan leluasa "menghampiri" kita di usia yang makin dini... Sekarang haid sudah bisa terdapat pada anak kelas 5 SD, lantas apa yang menyebabkan hal tersebut? apa dampaknya?

"junk food" bahan pengawet pada berbagai makanan, polusi udara, stress pikiran dll diduga sebagai penyebabnya.. Pernikahan Dini bagaimana? 

itulah, sedikit saja bahan pertimbangan yang bisa saya bagi untuk anda semua, namun dari yang sedikit contoh tadi saja, dampaknya sudah sangat luar biasa.. Kanker serviks, Kista, infeksi, belum lagi masalah psikologis dan sosial yang akan timbul..

oke, semua kembali kepada yang akan menjalaninya, mungkin ada juga pendapat lain yang dijadikan pegangan untuk seseorang untuk melakukan niatannya..

6 komentar:

indah mengatakan...

Pak Dokter...
Jadi takut kalo ngomongin penyakit, sebenernya kanker serviks terjadi karena apa, keturunankah?, gimana cara terhindar dari itu?
Sekalian mau tanya, apa sih penyebebya kalau kena tokso?
Thanks, Doc....

widhi hernanto mengatakan...

berita yang lagi happening saat ini di padu dengan ilmu kesehatan. inilah yang kita nantikan.

sebuah informasi berbungkus ilmu. masih jarang yang melakukannya, sebuah pionir di era informasi ini.

lanjutkan...

dr.Eko mengatakan...

buat mbak indah,
berikutnya tentang Kanker serviks deh, ada info baru juga tentang kanker serviks.
oya, kalo toxoplasma itu sejenis virus, biasanya tertular lewat binatang yang terinfeksi toxo juga seperti kucing, anjing, unggas, ataupun lewat manusia yang juga terinfeksi toxoplasma...
geto loh, semoga membantu.

indah mengatakan...

Kalau binatang peliharaan seperti kura-kura bisa menyebabkan kita kena tokso juga gak, soalnya dirumah punya 4 ekor, dan kebetulan aku yang urus...:)

dr.Eko mengatakan...

mbak..
kalo kura-kuranya terinfeksi toxo, biasanya umur kura-kuranya juga gak lama tuh (mati maksudnya, karena infeksi toxo itu sendiri).
kalo mbak indah yakin kura-kuranya bersih, ya gak terinfeksi toxo, semoga aja..

indah mengatakan...

Ok Doc..
Thanks banget informasinya....